Abstrak
Seiring dengan
kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan
permasalahan di berbagai bidang. Namun, melalui perkembangan ilmu pengetahuan
dan Teknologi juga mempengaruhi berbagai aspek bisnis. Dengan melihat dan
mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, Kita juga bisa
membentuk suatu pola pengembangan terkait dengan peluang bisnis. Saat ini di
Indonesia banyak jenis bisnis yang memiliki potensi dan peluang yang sangat
besar untuk maju, itu dikarenakan terjadinya pembentukan pola pengembangan
bisnis yang selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi.
ISI
A. A Pembahasan
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang
menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa
dalam kehidupan sehari- hari dan merupakan suatu ruang lingkup yang dimana
dalam penempatannya selalu memiliki lingkup kesibukan untuk mengerjakan
aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dimana dalam bisnis harus
memiliki konsep yang matang, agar bisnis yang dijalankannya bisa bertahan dan
terus berkembang.
B. Tujuan Bisnis
Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku
bisnis dari bisnis yang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai
hasil yang diharapkan bias dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan
(produksi, pemasaran, personalia, dll) yang akan menentukan kinerja perusahaan
dalam jangka panjang.
Dalam jangka
panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan
konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam
bisnisnya, diantaranya:
1. Market
standing, yaitu penguasan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk
memperoleh pendapatan penjualan dan profit.
2. Innovation
yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian.
3. Physicalandfinancialresources,
perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan
untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan Semakin menguntungkan.
4. Managerperformanceanddevelopment,
manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap
pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik,
manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan
profesinya.
5. WorkerPerformanceandAttitude,
untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan
dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
6. PublicResponsibility,
bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan
masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.
C. Aspek – Aspek Bisnis
Dalam pelaksanaannya Bisnis memiliki beberapa aspek sebagai
berikut :
1. Kegiatan individu dan kelompok Dimana dalam
pembemtukansuatu bisnis dibagi menjadi 2 pilihan, yakni bisnis perorangan atau
bisnis perkelompok.
2. Penciptaan nilai Terciptanya nilai melelui pelaksanaan
konsep bisnis.
3. Penciptaan barang dan jasa Dalam bisnis pasti yang
dibicaran adalah barang dan jasa yang diberikan atau dijual, sehingga harus ada
data yang jelas tentang barang dan jasa yang dihasilkan.
4. Keuntungan melalui transaksi Saat melakukan transaksi harus
merasa senyaman mungkin baik dari pelayanan yang ditawarkan dan juga
kesepakatan harga, dan kesepakata- kesepakatan lainnya.
D. Fungsi Bisnis
Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikroekonomi dan
makroekonomi
1. Fungsi Mikro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung
1. Fungsi Mikro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung
a. Pekerja
/ Karyawan Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara
manajer menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet
penjualan dan laba.
b. Dewan
Komisaris Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan
berjalan mencapai tujuan .
c. Pemegang
Saham Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap
perusahaan
2. Fungsi Makro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang
terlibat secara tidak langsung
a. Masyarakat
sekitar perusahaan Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai
bentuk tanggung jawab perusahaan.
b. Bangsa
dan Negara Tanggung jawab kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk
kewajiban membayar pajak.
E. Elemen Bisnis
a. Modal
(capital) Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis
b. Bahan-bahan
(materials) Merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan
aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan
masyarakat.
c. Sumber
Daya Manusia (SDM) Kualifikasi SDM : Memiliki kemampuan kompetitif dan
berkualitas tinggi.
d. Ketrampilan
Manajemen (Management Skill) Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan
prosedur dan tata kerja
manajemen.
A. KESIMPULAN
Berdasarkan uraian dan pemaparan tentang peluang bisnis
maka bisa diambil kesimpulan :
1. Dalam
membuat suatu bisnis harus memiliki konsep dasar yang jelas.
2. Harus
memiliki SDM yang kompetitif dan berkualitas tinggi.
3. Bisnis
yang kita bangun harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat atau konsumen.
B. SARAN
Bertolak dari elemen bisnis dipaparkan bahwa
elemen bisnis yang paling utama adalah modal, namun dalam hal ini penulis
memberi saran bahwa modal yang kita butuhkan akan menjadi nomor keseratus jika
ada impian dan tekat yang bulat. Seperti halnya Prof. Dr. M. Suyanto, M. M.
yang sukses memulai bisnis tanpa uang.
C. Referensi
1. M.
Suyanto. 2005. smartinenterpreneur: 11 Rahasia Memulai Bisnis tanpa Uang,
penerbit ANDI, yogyakarta.
2. M.
Suyanto. 2004. smartinenterpreneur: Belajar dari Kesuksesan Pengusaha Top Dunia,
penerbit ANDI, yogyakarta
0 komentar:
Posting Komentar